Articles

Tiga Hal Menarik Dalam Evaluasi Haji Khusus

Bogor (Sinhat) -Evaluasi operasional haji khusus 2015 yang diikuti 135 unsur pimpinan Penyelenggara Haji Khusus (PIHK) dan 15 dari Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah (Ditjen PHU) berlangsung dinamis dihiasi kritisi-kritisi kontruktif.

Berbagai pandangan disampaikan dalam evaluasi ini. Baik dari sisi Kementerian Kesehatan, PIHK, Bareskrim Polri, Ditjen PHU, dan KPHI. Arahnya bersama melakukan peningkatan terarah dan inovatif dalam pelayanan haji mendatang.

Setidaknya ada tiga hal menarik dalam evaluasi haji khusus kali ini. Pertama, semua peserta hadir dan berperan aktif, berbeda dengan evaluasi haji khusus tahun-tahun sebelumnya. Kedua, PIHK menyadari perlu membangun satu gerakan bersama untuk menertibkan dan tegas dalam menindak dan mencegah penyimpangan dalam haji khusus. Ketiga, kesadaran ini menjadi angin segar memperkuat tekad dan keyakinan bisa melayani haji khusus lebih baik lagi.

"Saya tidak pernah menyangka peserta utuh hadir dan aktif, saya apresiasi hal ini. Penyelenggaraan haji 2015 lebih baik dari tahun lalu. Namun kita juga harus berlapang dada atas segala kritisi yang ada. Kita sikapi dengan bijak dan santun," kata Direktur Pembinaan Haji dan Umrah Muhajirin Yanis ditengah acara evaluasi operasional haji khusus 2015 di Bogor, Kamis malam (12/11).

Pantauan Sinhat, pelaksanaan evaluasi haji khusus kali ini memang berkualitas karena semua hadir, aktif berdiskusi dan dinamis dalam membahas solusi atas kendala yang ada di lapangan.

Yanis juga mengungkap akan dilakukan penguatan dalam instrumen akreditasi PIHK. Inovasi penguatan instrumen akreditasi PIHK menjadi penting dalam menguji kredibilitas PIHK. Ini juga menjadi salah satu kekuatan dasar, PIHK sudah menyadari dan membuka diri untuk lebih baik.

"Kita mempunyai tugas yang sama dalam melayani haji sebaik baiknya. PIHK operator kami regulator, bersama dalam melayani," kata mantan Kakanwil Kemenag Gorontalo ini.

Hal yang sama juga disampaikan Ketua Umum Himpunan Penyelenggara Umrah dan Haji Khusus (HIMPUH) Baluki Ahmad. Menurut pantauannya pelaksanaan evaluasi haji khusus tahun ini luar biasa.

"Semua hadir, menyimak, serius dan interaktif. Saya merasakan bahwa ini adalah evaluasi yang baik. Biasanya evaluasi tahun sebelumnya hadir separuh peserta saja sudah alhamdulillah. Ini menjadi patri yang baik karena keyakinan kita untuk bermitra didasari kebaikan juga. Bersama, kita dapat menyelesaikan permasalahan yang ada untuk pelayanan lebih baik lagi," kata Baluki.

Baluki juga memberikan apresiasinya pada Bareskrim Polri saat menyampaikan pandangan, informasi dan materi berguna, agar PIHK terhindar dari perbuatan melawan hukum. (edit/afitour)

 

Style1

Style2

Style3

Style4

Style5

Style6

Style7

Style8

Style9

Style10